Beranda | Artikel
Kisah Keberanian dan Semangat Berdakwah
Rabu, 26 Januari 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Kisah Keberanian dan Semangat Berdakwah merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Mencetak Generasi Rabbani. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 22 Jumadil Akhir 1443 H / 25 Januari 2022 M.

Kajian Islam Ilmiah Tentang Kisah Keberanian dan Semangat Berdakwah

Salah satu kisah yang mungkin juga bisa menginspirasi yaitu tentang keberanian dan semangat membela/mendakwahkan agama Allah Subhanahu wa Ta’ala. Yaitu kisah seorang pemuda atau lebih dikenal dengan sebutan kisah Ashabul Ukhdud.

Kisah ini disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Nabi menceritakan bahwa di antara umat-umat sebelum kita ada seorang raja yang memiliki seorang tukang sihir. Saat usianya semakin tua, si tukang sihir berkata kepada raja: “Usiaku semakin tua dan ajalku segera tiba. Oleh karena itu bawakan seorang pemuda untuk aku ajari ilmu sihir.” Mungkin dia ingin mewariskan ilmu sihir itu kepada seorang pemuda.

Maka Raja itu menyerahkan seorang pemuda kepadanya yang kemudian diajari ilmu sihir. Namun di antara tukang sihir dan sang Raja terdapat seorang rahib. Dan si pemuda sering mendatangi dan mendengar ucapan rahib ini.

Karena kagum akan gaya bahasa dan tutur kata rahib ini, si pemuda semakin sering berkunjung bahkan berguru kepada rahib tersebut. Sehingga ia sering terlambat datang ke tempat tukang sihir ataupun terlambat kembali ke keluarganya. Karena itulah apabila mendatangi tukang sihir ia dipukul dan ditanya: “Apa yang menahanmu untuk segera datang?” Begitu pula apabila kembali ke keluarganya mereka akan memukulnya dan bertanya dengan keras: “Apa yang menahanmu untuk segera pulang?”

Si pemuda mengeluhkan hal tersebut kepada sang rahib. Maka diberikan nasehat kepadanya: “Jika tukang sihir hendak memukulmu, maka katakanlah: ‘Keluargaku telah menahanku.’ Dan jika keluargamu hendak memukulmu, maka katakanlah: ‘Tukang sihir telah menahanku.`”

Bagaimana kisah lengkapnya? Dalam kisah ini terdapat pelajaran untuk anak bahwa umat-umat terdahulu tidak mudah untuk beriman kepada Allah. Ada harga yang harus mereka bayar untuk iman mereka kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mari download dan simak kajian yang penuh manfaat ini.

Lihat juga: Kisah Ashabul Ukhdud

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51341-kisah-keberanian-dan-semangat-berdakwah/